Selasa, 15 September 2009

No Coward Soul Is Mine by Emily Bronte

No Coward Soul Is Mine by Emily Bronte
Puisi ini menceritakan tentang keimanan kepada tuhannya. Puisi ini jika dilihat dari segi strukturnya memiliki rima yang tidak teratur yang memiliki 6 bagian yang bisa disebut stanza.
Stanza pertama menjelaskan tentang rasa keimanannya bahwa dia yakin bahwa tuhan yang ada di dalam dadanya bisa melindunginya dari ketakutan dan kekosongan jiwa.(“o God within my breast….As I undying life, have power in thee!”)
Stanza selanjutnya menjelaskan tentang keimanannya yang akan mengenyahkan segala omong kosong di dunia ini dengan kepercayaanya.
Pada stanza ketiga menceritakan bahwa tidak ada keraguan dalam dirinya tentang keimanannya. Kasih sayang tuhannya akan senantiasa abadi dan tidak pernah berkurang untuk hambanya yang beriman.
Kasih saying-Nya luas dan menyerap ke dalam relung hatinya. Dia bisa merubah, menghilangkan dan menciptakan segala sesuatu yang ada pada stanza ke-empat dijelaskan.(“pervades and broods above”)
Stanza selanjutnya menceritakan tentang kasih saying-Nya tidak akan pernah lenyap walaupun alam semesta ini hilang dan hancur (“Though earth and moon were gone….and sun and universes ceased to be”)
Pada stanza terakhir menjelaskan bahwa tidak ada kematian bagi-Nya dan tidak adak pernah bisa dihancurkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar