Selasa, 15 September 2009

Epithap on an Army of Mercenaries by A.E Housman

Epithap on an Army of Mercenaries by A.E Housman
Puisi ini menceritakan sifat seorang tentara bayaran yang kesetiaan mereka adalah uang. Mereka rela menjual nasionalisme mereka demi setumpuk uang yang menurut mereka bisa membuat mereka senang atau bisa dikatakan dengan nama nasionalisme uang.
Stanza pertama menjelaskan pada hari ketika perang (‘in the day when heaven falling’) sebuah negara yang membutuhkan semangat nasinalisme warganya untuk membela negaranya malah dipenuhi dengan tentara bayaran (‘followed their mercenary calling’) yang identitas mereka adalah uang bukan nasionalisme pada negara. Suatu negaraakan hancur jika warganya hanya ditumpuki oleh para tentara bayaran yang bagi mereka hanyalah gaji (‘and took their wages…’).
Stanza selanjutnya menjelaskan tentang para tentara bayaran dipundak mereka terdapat tanggung jawab terhadap negara dan kedamaian bumi (‘their shoulder held the sky suspended’) tetapi mereka mengabaikannya demi uang (‘and saved the sum of things for pay’). Dimana rasa nasionalisme mereka terhadap negara (‘what God abandoned’) wahai tentara bayaran.
Puisi ini juga termasuk dalam puisi perjuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar