Selasa, 15 September 2009

Longing by Mathew Arnold

Longing by Mathew Arnold
Puisi yang terdiri dari 4 stanza memiliki rima yang teratur (a-a-b-b) dengan stanza ke-satu diulang lagi di stanza ke-empat. Puisi tersebut berisi tentang kerinduan seorang kekasih tetapi kerinduan tersebut sia-sia sebab kekasihnya belum juga datang.
Pada stanza pertama menjelakan tentang harapan seorang kekasih supaya kekasihnya datang ke dalam mimpinya, “come to me in my dream..” untuk menyemangati dia agar baik lagi, ini dilihat dari “by day I shall be well again” . Tetapi kerinduannya sia-sia.
Stanza selanjutnya menjelaskan lanjutan dari stanza pertama tentang harapan kerinduannya pada kekasihnya agar datang berkali-kali (“come, as thou cam’st a thousand times”) bagaikan seorang pembawa obat rindu yang membuat hari harinya berseri-seri (‘and smile on thy new world”).
Stanza ketiga menjelaskan keraguannya apakah dia akan benar-benar datang, ini bisa dilihat dari kalimat “Or ,as thou never cam’st in sooth” . selanjutnya harapannya jika kekasinya datang dan menjadi nyata, dia ingin memadu kasih dengannya. Disini juga terdapat curahan hatinya yang lama memendam rindu yang tercurahkan dalam kalimat “My love why sufferest thou?”
Stanza terakhir yang merupakan ulangan dari stanza pertama menjelaskan bahwa kerinduannya sia-sia sebab kekasihnya tidak pernah datang kepadanya.
Puisi ini juga memiliki satir agar seolah pacarnya tahu dia menderita karena rindu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar